Senin, 02 Februari 2015

perbedaan ikan air dangkal dengan ikan air dalam

Kelompok : 1. Felix Rio cahyono (17)
                     2. M. Rizki novanto (26)

Ciri-Ciri Ikan Air Dangkal
Pada kesempatan ini Cijolang Mania akan membahas atau sekedar berbagi tentang Ciri-Ciri Ikan Air Tawar Arus Deras. 
Seperti kita ketahui setiap makhluk hidup selalu beradaptasi dengan lingkungannya dimana dia tinggal, dimana setiap makhluk hidup akan menyesuaikan pola hidupnya sesuai dengan keadaan lingkungannya. Hal ini merupakan hal biasa pada kehidupan di bumi.
Selain pada manusia, adaptasi juga berlaku untuk tumbuhan dan hewan. Kali ini tanpa basa-basi lagi kami akan membahas tentang sebuah bentuk adaptasi spesies hewan terhadap lingkungannya. Berikut adalah pemaparan tentang ciri-ciri ikan air tawar yang hidup pada aliran air arus deras khususnya sungai.

1. Struktur Tubuh
Dari beberapa penelitian kecil yang kami lakukan dan ketahui, banyak ikan air tawar arus deras memiliki tubuh yang memanjang dengan bagian kepala yang tirus atau biasanya berbentuk torpedo. Ini dikarenakan kebiasaan mereka yang setiap saat hidup/berenang melawan arus deras. Sirip-sirpnya pun memanjang dan lebar, yang akan memberikan tenaga dorongan kuat disaat mereka berenang (melawan) arus deras.





Salah satu spesies ikan air tawar arus deras (Nilem Mangut)
2. Karakteristik/Sifat 
Agresif dan cepat dikala berenang adalah ciri utama dari ikan air tawar arus deras. Seperti yang telah diuraikan di atas, dengan panjang dan lebar sirip-siripnya, kekuatan untuk berenang menjadi semakin besar dan kuat. Jadi bisa dikatakan kecepatan berenang ikan arus deras bisa lebih 2 kali lipat daripada ikan-ikan tawar (ikan kolam) lainnya. Ikan dengan ciri khas arus sungai deras banyak ditemui di sungai-sungai di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Dari sebagian cerita para angler, banyak angler yang ketagihan untuk mancing di sungai air arus deras ini, itu dikarenakan strike ikan jenis arus deras ini sangatlah kuat walaupun ikannya tidak terlalu besar, sungguh luar biasa.

 

Ciri-ciri Ikan (Pisces)

Ciri-ciri Ikan (Pisces)
Ikan adalah salah satu dari sekelompok besar bersirip, vertebrata air berdarah dingin, yang bernafas dengan melewatkan air beroksigen atas insang. Jika Anda menerapkan definisi ini untuk hiu paus, ikan pari, belut, groupers, tuna, dan semua spesies lain yang telah saya sebutkan sejauh ini, saya berpikir bahwa Anda harus setuju bahwa definisi ini bekerja. Dan dari definisi ini, mudah untuk melihat mengapa begitu banyak hewan yang disebut ikan. Bahkan, ada yang dianggap lebih dari 27.300 spesies.
Spesialis menduga bahwa ikan pertama kali muncul di perairan Bumi sekitar 500 juta tahun lalu di wilayah yang berpendapat mereka adalah bentuk yang agak ajaib. Ikan yang terbaru, jika Anda mau, dalam desain hewan karena mereka telah keras bagian mereka di dalam tubuh mereka, bukan di luar. Sampai saat itu, ada hewan bertubuh lunak seperti amuba dan jellyfishes, dan banyak badan sulit lapis baja, namun belum ada hewan dengan bagian keras di dalam. Tapi hampir semalam, seolah-olah tidak percaya percobaan ini, alam juga memberikan ikan beberapa bagian eksternal keras seperti sisik dan duri.
Ciri-ciri Ikan merupakan hewan yang hidup di dalam air. Ada yang hidup di air tawar, air payau, dan ada juga yang hidup di air laut. Untuk memudahkan geraknya, tubuh ikan diselimuti oleh sisik yang berlendir. ciri-ciri Ikan bergerak dengan menggunakan sirip. Sirip terdiri atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip belakang, dan sirip ekor. Selain itu, ciri-ciri ikan juga mempunyai gurat sisi yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air. ciri-ciri Ikan bernapas dengan insang yang dilindungi oleh tutup insang yang operkulum. ciri-ciri Ikan bersifat poikiloterm atau berdarah dingin. Suhu disebut  tubuhnya dapat berubah sesuai dengan suhu lingkungannya.


Ciri-ciri Ikan (Pisces)
ciri-ciri ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. ciri-ciri Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ciri-ciri ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ciri-ciri ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ciri-ciri ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes).
ciri-ciri Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai “ikan”, seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
Sampai saat ini, ciri-ciri ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. ciri-ciri Ikan dapat diolah menjadi berbagai produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.
ciri-ciri Ikan dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan air hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan air. Namun, danau yang terlalu asin seperti Great Salt Lake tidak bisa menghidupi ikan. Ada beberapa spesies ikan dibudidayakan dan dipelihara untuk hiasan dalam akuarium, kita kenal sebagai ikan hias.
ciri-ciri Ikan adalah sumber makanan yang penting. Hewan air lain, seperti moluska dan krustasea kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan. Menangkap ikan untuk keperluan makan dalam jumlah kecil atau olah raga pancing sering disebut sebagai memancing. Hasil penangkapan ikan seluruh dunia setiap tahunnya berjumlah sekitar 100 juta ton pertahun.
Overfishing adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan penangkapan ikan secara berlebihan. Fenomena ini merupakan ancaman bagi berbagai spesies ikan. Pada tanggal 15 Mei 2003, jurnal Nature melaporkan bahwa semua spesies ikan laut yang berukuran besar telah ditangkap berlebihan secara sistematis hingga jumlahnya kurang dari 10% jumlah yang ada pada tahun 1950. Penulis artikel pada jurnal tersebut menyarankan pengurangan penangkapan ikan secara drastis dan reservasi habitat laut di seluruh dunia.
Berdasarkan bahan penyusun rangkanya Pisces dibagi menajdi 2 golongan :
1. ciri-ciri ikan berangka tulang rawan 
(Chondrichthyes), contoh : ikan hiu, ikan pari, ikan cucut
2. ciri-ciri ikan berangka tulang sejati 
(Osteichthyes), contoh : ikan kakap, ikan mas, ikan tongkol, ikan bandeng
Saluran pencernaan pada ciri-ciri ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris).Dari rongga mulut makanan masuk ke esophagus melalui faring yang terdapat di daerah sekitar insang. Esofagus berbentuk kerucut, pendek, terdapat di belakang insang, dan bila tidak dilalui makanan lumennya menyempit. Dari kerongkongan makanan di dorong masuk ke lambung. Dari lambung, makanan masuk ke usus yang berupa pipa panjang berkelok-kelok dan sama besarnya.Usus bermuara pada anus.



Karakteristik Super Kelas Pisces diberikan di bawah ini:
1) Mereka adalah vertebrata air yang hidup di air. Mereka memiliki perwakilan baik di perairan tawar dan di perairan laut dan juga diwakili di perairan payau.
2) Tubuh mereka adalah selalu streaming berjajar dan mereka berenang dengan bantuan ekornya.
3) Mereka telah dipasangkan pelengkap dalam bentuk sirip. Sirip berpasangan juga hadir. Sirip membantu dalam menyeimbangkan selama berenang.
4) Mereka memiliki sistem gurat sisi yang membantu mereka untuk mengetahui gangguan di dekat lingkungan. Sistem ini adalah organ rasa yang unik.
5) tubuh mereka ditutupi oleh sisik kulit. Timbangan memberikan mereka perlindungan. Sisik ikan muncul dari lapisan dermis karenanya dalam duduk.
6) Mereka bernafas dengan bantuan insang.
7) Ikan memiliki dua jantung bilik dan ada sirkulasi tunggal darah.
8) Respirasi biasanya dengan insang faring, bervariasi dari 5 sampai 7 di setiap sisi; beberapa memiliki paru-paru.
9) Kulit umumnya ditutupi oleh sisik kulit pelindung; kulit kelenjar.
10) Nasal rongga tidak terhubung ke rongga bukal.
11) kerangka internal baik tulang rawan atau tulang.
12) Jenis Kelamin terpisah; pembuahan eksternal atau internal.
13) Gonad dan benar gonoducts hadir.
14) Amnion tidak ada



Tidak ada komentar:

Posting Komentar