Selasa, 17 Februari 2015

terjadinya kilat

Terjadinya kilat

Biasanya anda sering bingung jika melihat kilat dan pasti di dalam hati anda timbul pertanyaan . “bagamana sih proses terjadinya kilat?”. Nah, ini jawaban anda akan di bahas disini. Terjadinya kilat itu , disebabkan oleh tumbukan (gesekan) antar awan yang dibantu oleh udara dan angin. Sehingga awan itu akan bermuatan positif atau negatif (terdapat sumber arus listrik). Jika suatu awan itu banyak bermuatan positif atau banyak bermuatan negatif, akhirnya tidak ada yang bermuatan yang berlawanan, maksudnya tidak ada positif melawan negatif atau negatif melawan positif. Sehingga pada tersebut hanya bermuatan 1 jenis muatan (+) saya mengakibatkan akan terjadi seperti “konsleting” dan akan mencari muatan negatif (-).


gambar: kilat yang menyambar gedung.
Muatan negatif pun berada di permukaan bumi. Misalnya muatan tersebut ; pohon, antena tv, tiang , gedung, manusia, dll. Di situ sambaran kilat itu akan menyambar benda yang bermuatan (-) yang sangat dekat dari jangkauannya atau bisa dikatakan benda yang tinggi. Biasanya kilat tersebut yang banyak menyambar pada permukaan bumi terdapat di awan comulus dan berada di letak yang rendah (awan rendah).

Solusi menghindari dari sambaran kilat antara lain:
·        Tiarap
·        Hindari / jangan di tempat yang gersang, ingat ! karena kilat itu akan mencari yang tertinggi untuk obyek yang akan di sambar.
·        Tancapkan tiang / kayu yang tinggi ( bisa tingginya dapat lebih tinggi anda dan dapat juga setinggi dengan anda) agar sebagai obyek sambaran kilat lalu anda dapat dengan tiarap dan berjalan dengan merangkak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar