Rabu, 04 Maret 2015

contoh teks prosedur kompleks K13



Teks Prosedur Kompleks
Proses Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Cara Pencangkokan

          Proses perkembangbiakan tumbuhan dengan cara pencangkokan yaitu suatu proses perkembangbiakan dengan ada campur tangan manusia. Tujuan dengan melakukan proses tersebut agar tumbuh bibit jenis lain. Proses pencangkokan hanya dapat dilakukan pada tumbuhan yang memiliki ranting dan batang yang berkayu danjuga berkambium. Contohnya dapat dilakukan pada pohon mangga. Berikut ini proses pencangkokan pada pohon mangga dengan tepat.
1.     Mula – mula, potonglah ranting pohon mangga yang sudah berkambium. Proses pemotongan ini dilakukan dengan sangat hati – hati, jangan sampai mengenai tangan anda sendiri.
2.     Kemudian, tempelkan ranting pohon mangga jenis lain dan pastikan yang anda tempelkan tadi ranting pohon yang sudah berkambium juga.
3.     Selanjutnya, lapisi dengan tanah liat pada tempelan ranting pohon mangga tadi. Proses pelapisan ini dilakukan dengan sampai merata.
4.     Sesudah itu, bungkuslah dengan plastik pada lapisan tanah liat tadi. Proses pembungkusan ini dilakukan dengan sangat rapat, agar lapisan tanah liat tadi tidak basah dan rusak jika terkena air.
5.     Setelah itu, talilah pada bagian yang sudah anda bungkus dengan plastik tadi. Saat melakukan proses tali temali ini Anda usahakan tali dengan sangat kuat dan kokoh.
6.     Akhirnya, proses pencangkokan pohon mangga selesai dan tinggal yang terakir ini proses menunggu perkembangan pada pohon mangga. Anda dapat melakukan proses penungguan ini sekitar 15 hari.

Nama : felix rio cahyono
Kelas : X – MIA 4
No : 17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar