Rabu, 11 Maret 2015

teks negosiasi dan ciri negosiasi

contoh teks negosiasi
1.     

Felix: selamat siang, Halim ?2.     Halim: selamat siang juga ,Felix !3.     Felix : mari kita rundingkan untuk kegiatan besok ?
 4.     
Halim: untuk kegiatan peneletian ke museum, tugas dari sejarah ?5.     
Felix: ya, benar. Kita untuk kesepakatan di museum dari kota mana ?( Felix sambil menunjukan tujuan dan gambar museum yang akan mereka kunjungi) 6.     
Halim : yang penting museum tersebut mempunyai banyak monumen dan benda – benda yang penting dalam masa kerajaan dan kita cari yang terdekat  saja!  ada yang saya maksudkan ?7.     Felix: ya, ada museum tersebut bertempat di kediri . tapi kerajaan tersebut bukan kerajaan islam. Hanya museum itu yang terdekat dari kota kita.
8.     
Halim: ya , di museum tersebut juga tidak apa – apa.(denah dan brosur tentang museum telah di pegang oleh H dan sedang di teliti apa saja isi dari museum tersebut)9.     Felix: itu museum yang sangat menarik di kota kediri. Maupun dari isinya bahkan bentuk museum tersebut unik. 10.  Halim: kapan kita kesana ?11.Felix: bagaimana kalau habis UTS kita kesana ?12. Halim : aduh, gak bisa , kita belum buat daftar apa saja yang kita akan teliti disana . mungkin habis UTS selang waktu 2 hari, sepakat tidak ?13. 
Felix:  tidak bisa saya ! pada waktu tersebut saya juga ada jadwal untuk penilitian tugas biologi ke surabaya. Mungkin selang 3 hari saya bisa, bagaimana sepakat ?14.Halim: ya sudah , saya usahakan laporan sudah siap. sebernarnya dengan waktu tersebut saya ada acara keluarga . tapi saya akan usahakan.15. Felix: jadi sepakat habis UTS selang 3 hari ya ?!
 
16. Halim: ya kita sepakat !17. 
Felix: ya, saya akan memberi inormasi kepada guru pembimbing untuk membimbing kita saat melakukan penelitian. 18. Halim: oke ! ( kesepakatan ke museum pun sudah di sepakati antara kelompok) 

ciri teks negosiasi jika dilihat dari isinya
1. negosiasi menghasilkan suatu kesepakatan
2. negosiasi menghasilkan suatu keputusan yang saling menguntungkan
3. negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian
4. negosiasi mengarah kepada tujuan praktis
5. negosiasi mempriotasikan kepentingan bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar