Sabtu, 31 Januari 2015

contoh teks eksposisi dan teks laporan hasil observasi

TEKS EKSPOSISI

PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA
       Awal internet ada di Indonesia sejak tahun 24 Juni 1988, tetapi baru terkenal pada tahun 2003. Sekarang pun lebih banyak pengguna Internet di Indonesia.
Pada triwulan pertama di Indonesia mencapai 82 juta orang pengguna Internet. Dengan semua itu negara Indonesia  menjadi negara terbanyak pungguna Internet ke – 8 sedunia. Dan juga untuk memeperluas lagi menteri pendidikan pun menciptakan belajar dengan Internet dan juga pemerintah membuat progam Indonesia genggam Internet. Jika semua itu bisa terlaksana dengan baik kemungkinan membuat Indonesia menjadi negara yang maju dan kemungkinan juga menjadi pengguna internet terbanyak sedunia.
Dikatakan oleh Direktorat jendral aplikasi informatika (Aptika) kementerian kominfo “bahwa di awal tahun 2014 ini, ada 80 persen pengguna dan dari dominasi oleh para remaja berusia 15 – 19 tahun”. Sedangkan untuk jejaring sosial dikatakan oleh kementerian kominfo “bahwa pengguna jejaring sosial facebook di Indonesia mendapatkan peringkat 4 terbanyak sedunia”. Sedangkan untuk kecepatan internet di Indonesia mendapatkan peringkat ke -118 di seluruh dunia.
Jika dapat kita bandingkan dengan negara Amerika Serikat. Bahwa Amerika Serikat adalah negara yang mendapat peingkat ke – 10 dalam kecepatan internetnya. Sedangkan itu Amerika Serikat negara terbanyak pengguna internet ke – 2 didunia. Sebab, dari semua itu Amerika serikat mempunyai satelit. Sedangka, Indonesia tidak.
Apabila jika Indonesia juga dapat segera menciptakan satelit. Kemungkinan Indonesia bisa mendapat nomor 1 pengguna internet sedunia.



mengkonversi teks eksposisi menjadi teks pidato

Perkembangan internet di indonesia

“assalamualaikum wr. Wb.”
Selamat pagi ! yang saya hormati bapak kepada kepala sekolah SMAN 3 NGANJUK dan bapak ibu guru. Dan kawan – kawanku dan juga kakak kelas ku yang saya sayangi.
Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan YME, atas rahmat dan kesehatan yang telah di berikan kepada kita semua saat ini. Saya akan berpidato tentang awal berkembangan internet di Indonesia. Internet berkembang di Indonesia sejak 24 Juni 1998. Tetapi baru – baru terkenal pada tahun 2003 dan sekarang pun juga lebih banyak pengguna Internet dibandingkan tahun lalu.
Pada triwulan pertama di indonesia mencapai 82 juta orang pengguna Internet. Dengan semua itu negara Indonesia menjadi negara yang paling banyak pengguna Internet pada peringkat ke – 8 sedunia. Coba sekarang dengan adanya progam Indonesia genggam internet yang di buat oleh pemerintah menjadikan indonesia akan menjadi negara yang maju dan juga menjadi banyak pengguna internet.
Seseorang Direktorat Jendral Aplikasi Informatika (Aptika) kementerian info mengatakan “bahwa diawal tahun 2014, ada 80 persen penggunaan dari dominasi oleh para remaja berusia 15 – 19 tahun. Sedangkan untuk jejaring sosial dikatakan oleh kemeterian kominfo “bahwa pengguanaan jejaring sosial facebook di Indonesia mendapat 4 besar dunia”. Sedangkan untuk kecepatan internet di Indonesia mendapat peringkat ke 118 sedunia. Walaupun kecepatan Internet di Indonesia lambat tetapi Internet Indonesia berkembang pesat banyak peminatnya. Kemungkinan 2045 Indonesia sudah mendapat penghargaan penggunaan Internet terbanyak nomor 1 sedunia.
Saya akhiri pidato dari saya. Bila ada kata – kata yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan anda semua , saya ucapkan mohon maaf yang sebesar – besar nya.
“wassalamualaikum wr. Wb".




Teks Laporan Hasil Observasi

macam kendaraan yang ada di jalan raya
        Sering kita semua melihat ada banyak sekali  kendaraan yang ada di jalan raya. Dapat juga banyak macam – macam kendaraan. Jika di bedakan dari segi kendaraan itu umum dan kendaraan itu pribadi.
        Kendaraan umum dan kendaraan pribadi dapat dilihat dari kendaraan apa saja. Dari kendaraan umum, contohnya : bus, angkot, truk, dan becak. Sedangkan dari kendaraan pribadi, cotohnya : sepeda motor, sepeda, dan mobil.
        Selain itu, kendaraan umum dan pribadi dapat juga di kelompokan dari banyaknya roda. Kendaraan umum yang beroda lebih dari 2 antara lain: bus, truk, becak, dan angkot. Sedangkan kendaraan pribadi yang lebih dari 2 antara lain: mobil, mobil sedan,truk pribadi.
        Selain itu juga dapat juga di golongkan dari bahan bakarnya. Kendaraan umum yang berbahan bakar premium antara lain: mobil kursus mengemudi dan kendaraan umum yang berbahan bakar solar antara lain: bus, truk, angkot, dan becak. Sedangkan kedaraan pribadi semua berbahan bakar premium antara lain: mobil dan sepeda motor.


Mengonversi teks LHO menjadi Teks Puisi


Kendaraan


Pagi indah menghiasi jalanku
Indahnya pemandangan
Yang dihiasi banyaknya kendaraan
                               
                                Ada macam – macam jenisnya
                                Ada yang panjang
                                Dan ada yang pendek
                                Ada yang besar
                                Dan ada juga yang kecil

Bel kendaraan pun berbunyi
Berbunyi menghiasi pemandangan ini
Sini “TOT” sana “TET”
Indahnya jalan raya
Dengan jasa mu kendaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar